Maandag 18 Maart 2013

Manfaat UMROH

MANFAAT UMROH
Manfaat  umroh Di dalam semua peristiwa dan kejadian selalu terkandung sebuah manfaat dan di post ini saya akan menjelaskan tentang Manfaat  umroh
Manfaat umroh  secara bahasa etimologi berarti mengetahui keunggulan sesuatu melalui suatu pengetahuan  yang sangart sempurna, bijaksana, dan sesuatu yang tergantung kepadanya akibat sesuatu yang  bersiaat terpuji.
Pengertian di atas menegaskan bahwa setiap pensyariatan hukum pasti memiliki motivasi hukum. Namun, motivasi hukum tersebut ada yang mudah diketahui dan banyak jumlahnya dan ada pula yang sulit digali dan sedikit jumlahnya.
Seberapa banyak motivasi hukum yang dikandung oleh pensyariatan suatu hukum, sangat tergantung pada kualitas seorang mujtahid dan usahanya dalam menggali motivasi hukum tersebut.
Oleh sebab itu, pensyariatan ibadah umrah  yang  sudah terwujud melalui berbagai jenis gerakan, tentu memiliki banyak hikmah. Sebab menurut sabda Rasulullah SAW, "Setiap pekerjaan harus (pasti) disertai oleh niat (motivasi)."(HR. Bukhari, Muslim, An-Nasa'i, Ibn Majah, Abu Daud dan Tirmidzi).
Ibadah umroh dan umrah sarat dengan nilai dan manfaat yang dapat diambil sebagai i'tibar. Di antara manfaat  tersebut adalah:
Manfaat umroh yang Pertama sebagai ibadah yang bersifat sebagai pengilang DOSA  
tidak ada pembedaan antara  sebauh dosa kecil dan sebuah  dosa besar. Oleh sebab itu, menurut Mazhab Hanafi, dosa yang dihapus tersebut adalah dosa besar dan dosa kecil. Bila dosa kecil dan besar sudah dihapus oleh Allah SWT, tentunya seseorang akan terhindar dari siksaan  api neraka.
 Berkaitan dgn  ini ada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah, "Pada saat wukuf itu, Allah turun ke langit dunia dan berfirman kepada malaikat
:" Lihatlah hamba-hamba-Ku, mereka datang kepada-Ku dengan rambut kusut, berdebu, berbondong -bondong dari segenap pelosok bumi yang jauh untuk mengharapkan keridhaan-Ku dan memohon dijauhi dari siksa neraka. Dan tidak ada orang yang lebih banyak dibebaskan dari api neraka kecuali pada hari Arafah."
Manfaat umroh yang Kedua,  sebagai media  untuk Memperteguh dan Memperbaharui Keimanan Kepada Allah SWT.
Di Karena, orang yang melaksanakan ibadah  umroh  , mereka mengetahui dan merasakan betapa beratnya perjuangan Nabi Ibrahim AS dan istrinya Siti Hajar, dan anaknya Nabi Ismail AS dalam membangun rumah Allah (Ka'bah) sebagai pusat peribadatan  umat Islam di seluruh dunia
Perjuangan mereka dalam mensyiarkan agama Allah inilah yang di jabarkan dari satu peristiwa ke peristiwa lainya  melalui jaringan pelaksanaan ibadah umrah .
Manfaat umroh yang Ketiga, Mempertebal dan melatih  Rasa Kesabaran dan Memperdalam Rasa Kepatuhan Terhadap Ajaran-ajaran Agama.
Di Karena, selama anda  menjalankan ibadah umrah , jamaah  uramh  merasakan betapa berat perjuangan yang harus dihadapi untuk mendapatkan  sebuah keridhaan Allah SWT.
Manfaat umroh yang Keempat,  sebagai media yang menimbulkan rasa untuk  ber syukur yang sedalam-dalamnya atas segala karunia Allah SWT kepada hambanya, sehingga mempertebal rasa pengabdian kepada Allah SWT.
Kelima, Memupuk Rasa Persatuan dan kesatuan  di Kalangan Umat Islam.di seluruh dunia
Di karena kan adanya kesaaman jaringan pelaksanaan ibadah umrah  akan  memberikan sebuah  pelajaran bahwa umat Islam harus memiliki satu visi dan misi  yang sama , yaitu menegakkan syariat Islam. Semua pelaksanaan rukun uramh , dilakukan pada waktu yang sama dan tempat yang sama pula dan di tujukan untuk memeperoleh ridha dzat yang sama pula yakni Allah Swt
Di Dalam pelaksanaan  prosesi ibadah umrah, harus ditanggalkan pakaian kemegahan kantor, pakaian kesukuan dan kebangsaan. Kemudian, berlaku pakaian kesatuan yang tidak membedakan antara si kaya dan si miskin, tidak membedakan antara kantor dan rakyat biasa, dan tidak pula membedakan suku dan bangsa. Pakaian tersebut berwarna putih, sebagai lambang bahwa serikat harus diikat oleh kesucian jiwa dalam ukhwah islamiyah.
Manfaat umroh Keenam, Bermanfaat Dari Segi Ekonomi.
Ibadah umroh ini sangat memberikan manfaat yang  sangat banyak bagi para pedagang di arab saudi karena jumlah jamaah umroh  yang sangat  banyak tersebut tentunya membutuhkan kebutuhan yang sangat banyak pula.
Di sisi lain, ibadah umroh juga banyak memberikan manfaat secara ekonomi bagi umat Islam yang tidak memiliki kemampuan untuk menunaikan ibadah umroh, khususnya untuk negara-negara yang ada di dalamnya umat Islam yang miskin.
Di Sebab, pemerintah kerajaan  Arab Saudi memiliki  sebuah kebijakan-untuk menghindari kemubaziran-bahwa daging-daging hewan yang telah disembelih sebagai dam dari jamaah umroh, dikirimkan ke berbagai negara yang di dalamnya ada umat Islam yang miskin. Inilah salah satu yang dimaksud oleh Firman Allah SWT, "Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka ..." (QS. Al-Hajj: 28).
Manfaat umroh yang Ketujuh, sebagai  penyadar  Terhadap Persamaan dalam  Nilai-nilai Kemanusiaan.
Allah SWT berfirman, "Bertolaklah kamu dari tempat Bertolaknya orang-orang banyak, dan mohonlah ampun kepada Allah SWT.Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. " (QS. Al-Baqarah: 199).
Ayat ini merupakan teguran terhadap sekelompok orang (yang dikenal dengan al-hummas) yang mengingkari kesamaan nilai kemanusiaan, kemudian dengan perasaan memiliki keistimewaan diri, mereka enggan bersatu dengan orang banyak dalam melakukan wukuf. Mereka melakukan wukuf di Muzdalifah, sedangkan orang banyak melakukan wukuf di Arafah.
Pemisahan diri yang dilatarbelakangi oleh perasaan superioritas inilah yang dicegah oleh Allah SWT dalam ayat di atas. Adanya persamaan nilai kemanusiaan ini semakin tampak jelas bila dikaitkan dengan isi khutbah Nabi Muhammad SAW pada Umroh Wada 'yang intinya menekankan:
 Persamaan
 Keharusan memelihara jiwa dan kehormatan orang lain
Larangan melakukan penindasan atau pemerasan terhadap kaum lemah, baik di bidang ekonomi maupun di bidang-bidang lainnya.
Manfaat umroh Yang Kedelapan,  sebagai Pelajaran tentang Fungsi Manusia sebagai khalifah dan Pelindung Makhluk Tuhan lainnya yakni hewan dan  tumbuhan
Pada ibadah umroh , khususnya semenjak berlaku pakaian ihram, ada sejumlah larangan yang harus diindahkan oleh jamaah umroh. Diantaranya tidak menyakiti binatang, tidak membunuh, tidak menumpahkan darah, dan tidak mencabut pepohonan di wilayah arab masjidil haram.
Hal ini memberi  sebuah pelajaran yang berdampatk  bahwa manusia berfungsi sebagai pelindung makhluk-makhluk Allah SWT lainya , serta memberi kesempatan seluas mungkin untuk mencapai tujuan penciptaannya. Sehingga manusia benar-benar dirasakan sebagai rahmat bagi sekalian makhluk yang ada di alam ini.
Selain laragan memburu hwan dan mencabut mahkluk allah lainya  para Jamaah umroh dilarang juga menggunakan wangi-wangian, bercumbu atau kawin, dan berhias. Agar setiap jamaah umroh menyadari dan mengerti  bahwa manusia bukan materi semata, bukan pula birahi, dan bahwa hiasan yang dinilai Allah adalah hiasan ruhani (ketakwaan setiap umat Islam). Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya manusia yang paling mulia di sisi Allah adalah manusia yang paling bertakwa." (QS. Al-ujurat (49): 13).
Demikian beberapa manfaat ibadah umroh. Masih banyak hikmah-hikmah lainnya yang bisa dipetik dari pelaksanaan ibadah umroh dan umrah. Allah tidak sia-sia dalam mensyariatkan ibadah umroh dan umrah. Di dalam kedua ibadah tersebut, terkandung hikmah dan pelajaran yang banyak dan sangat berharga.


Daftar paket umroh 2013


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking