Maandag 01 April 2013

pengertian umroh



PENGERTIAN UMROH
Pengertian Umroh  Mungkin di  teliga sudara  sangat sering mendengar kata ini Umroh dalam pengertianya ialah berziarah atau bertaziah ke rumah  Allah swt. di Makkah al-mukaromah di arab  saudi.
Ibadah ini  harus di landasi dengan niat dan hati yang suci dan bersih. Pengertian umroh juga sebagai media ibadah untuk mengharapkan ridha Allah Swt ,kegiatan ibadah umroh termasuk ibadah yang bersifat sebagai peluntur dosa.
Ibadah mempunyai sedikit perbedaan dengan ibadah haji. Jika ibadah haji di lakukan pada bulan dan waktu  tertentu ibadah umroh dapat di lakukan sepanjang tahun  atau sering kali di sebut makruh
ada hadist yang mengatakan bahwa ada waktu paling utama untuk melaksanakan ibadah umroh Perintah umroh melaksanakan ibadah umroh ada pada firman Allah dalam Qs.al – baqarah : ayat 196 yang berbunyi .
وَأَتِمُّواالْحَجَّوَالْعُمْرَةَلِلَّهِ
Artinya : “ Sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah SWT “
Pengertian umroh termasuk salah satu  jenis ibadah “ Mahdhah “ . maksud dari ibadah mahdhah dalam agama islam  ialah suatu ibadah atau penghambaan yang murni hanya hubungan antara seorang hamba dengan Allah SWT yang mana ibadah tersebut dilakukan secara langsung . bahasa sederhananya ialah “suatu ibadah yang dilakukan langsung berhadapan atau berhubungan dengan Allah SWT. “ jelaslah sekali kenapa ibadah umroh juga termasuk dalam salah satu jenis ibadah mahdhah selain salat,puasa dan haji .
Menurut Imam besar  Syafi'i hukumnya wajib. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunah mu'akkad (sunah yang dipentingkan)
 Umrah/umroh diwajibkan bagi setiap muslim hanya 1 kali saja, tetapi banyak melakukan umrah juga disukai, terlebih jika dilakukan di bulan  suci Ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadist Nabi SAWyang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya "Umrah di dalam bulan Ramadhan itu sama dengan melakukan haji sekali".
Di Dalam melaksanakan segala hal kita harus tertib dan sesuai urutan agar medapatkan hasil yang maksimal dan mengurangi tingkat kegagalan ,ibadah ini juga mempunyai  rukun – rukun  yang harus di laksanan agar kita tidak di kenai dam atau denda  dan di bawah ini saya akan menjelaskan tetang rukun2 umroh
Pengetian  tentang Rukun umroh :
Rukun yang pertama ialah 
ihram:
 Ihram ialah salah satu dari3  rukun Haji dan atau Umroh, dimana jika hal ini tidak dilakukan maka batal-lah (tidak syah) haji atau umroh kita. Ihram yaitu niat untuk melaksanakan haji atau umroh disertai dengan mengenakan Pakaian Ihram (pakaian tidak berjahit, diutamakan berwarna putih) dan mengucapkan Talbiyah. Bagi wanita boleh mengenakan pakaian yang ia sukai,( asal sesuai syariat Islam tidak memperlihatkan aurat  dan tidak menampakkan perhiasan.)
Pengertian Thawaf .
Thawaf ialah  berjalan mengelilingi sekitar Ka’bah di masjidil  haram  sebanyak tujuh putaran.
Ibadah Thawaf ini ada dua yaitu: Thawaf Haji dan Thawaf Umroh. Thawaf dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di hajar Aswad juga. Saat melakukan Thawaf , Baitullah (Ka’bah) harus berada disamping kiriorang yang Thawaf, dengan kata lain melakukan putaran thawaf dengan putaran kiri (berlawanan dengan arah jarum jam).
Ketujuh putaran Thawaf harus diselesaikan / dilakukan dalam satu waktu, dalam arti tanpa jeda diantara putaran Thawaf kecuali karena keadaan darurat. Jika terdapat jeda bukan dikarenakan Udzur, maka Thawaf tidak sah dan harus diulang dari awal. Mulai dari putaran pertama walaupun tadi sudah enam putaran.
Pengertian  Sa’i
 ialah  berjalan di antara bukit  Shafa dan bukit  Marwa pulang-pergi sebanyak tujuh kali dengan niat ibadah. Sa’i merupakan salah satu rukun haji. Sa’i dan thawaf dilakukan secara berurutan dan sekaligus dalam arti tidak memisahkan keduanya tanpa udzur syar’i.
Setelah kita menghatui 3 rukun  di atas baiknya   kita juga mengetahui syarat-syarat jika kita ingin melaksanakan
Pengertian Syarat Umroh
Ibadah Umroh diwajibkan kepada individu  muslim yang memenuhi syarat-syarat berikut:
1.muslim
2.mempunyai akal sehat /tidak gila
3.baligh artinya sudah dewasa ,laki-laki di tandai dengan mimpi basah tumbuh jakun dll
Sedang kan wanita sudah mengalami menstruasi
4.mampu dalam dana (biaya)
Ibadah ini juga mempunyai beberapa tipe antara lain 3 tipe yakni
1.       Umrah Mufradah.

Selain  pada waktu haji, para  jemaah 'umrah mufradah juga  dianjurkan sama  lain kali terutama di bulan Rajab dan Ramadhan.

2.       Umrah Tamattu.

'Tamattu adalah  Umrah dan Haji dalam perjalanan tunggal, selama bulan Haji, dengan dua Ihraam yang berbeda. Satu Ihraam untuk Umrah dan satu Ihraam untuk haji Kesimpulanya umrah ini mempunyai dunia.

3.       Umrah Sunah.

Sedang kanm umrah ini saya  belum  menemukan penjelasan dan perbedaan umrah ini dengan dua macam umrah di atas.
Jika anda  memenuhi syarat dan rukun di atas insallah ibadah  umrah saudara akan menjadi ibadah yang barokah di mata Allah swt.

Sekian penjabaran ibadah  umroh pada kesempatan ini



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking